4 Cara Menjaga Pencernaan Anak untuk Meningkatkan Sistem Imunnya
Parenting

4 Cara Menjaga Pencernaan Anak untuk Meningkatkan Sistem Imunnya

Sebagian besar sistem kekebalan tubuh dipengaruhi dari sistem pencernaan. Penting untuk menjaga sistem pencernaan agar sistem imun menjadi kuat dan mampu mencegah segala bentuk penyakit yang masuk ke tubuh. Pelajari beberapa cara menjaga pencernaan anak untuk meningkatkan sistem imunnya di bawah ini!

1. Memberikan Makanan yang Mengandung Prebiotik dan Probiotik

Probiotik merupakan organisme hidup berukuran mikro jenis bakteri baik yang secara natural hidup di dalam usus. Beberapa jenis makanan dengan kandungan probiotik dan dapat dikonsumsi oleh anak yaitu tempe dan kimchi. Probiotik ini bersanding dengan prebiotik yaitu senyawa yang secara alami akan merangsang perkembangan probiotik.

Dapat diartikan lain yaitu probiotik ini akan dapat berfungsi jika ditunjang dengan prebiotik. Prebiotik ini dapat diperoleh dari buah-buahan seperti pisang, jeruk dan apel. Bahan makanan yang mengandung prebiotik yaitu bawang yang biasa digunakan untuk menambah cita rasa masakan sekaligus membantu sistem pencernaan.

2. Mengonsumsi Mikronutrien

Mikronutrien merupakan zat gizi makanan yang hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit. Berkebalikan dengan makronutrien seperti karbohidrat, lemak, protein yang dibutuhkan dalam jumlah besar. Meski dibutuhkan dalam jumlah kecil, mikronutrien juga memiliki peran penting bagi tubuh yaitu membantu merawat sistem imun dalam usus si anak.

Mikronutrien yang dimaksud di dalam ini adalah jenis vitamin. Vitamin yang dibutuhkan yaitu vitamin A,C,D dan E namun bukan berarti vitamin lainnya tidak penting. Vitamin A berperan dalam menjaga fungsi mukosa dan keutuhannya. Vitamin C berperan untuk mencegah bakteri masuk ke tubuh dan berfungsi sebagai lapisan pelindung.

3. Menambahkan Suplemen Kesehatan

Poin satu ini dicoba jika konsumsi sayur dan buah tak cukup untuk menjaga pencernaan anak. Saat ini tersedia berbagai suplemen yang membantu merawat pencernaan anak. Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan anak seperti suplemen penambah nafsu makan atau lainnya. berbagai bentuk juga tersedia seperti kapsul, sirup, bahkan hingga bentuk bubuk.

Suplemen tidak dapat dikonsumsi secara rutin, ini hanya sebagai pendamping jika sistem imun masih kurang. Bukan sebagai menu utama, anak tetap harus mendapat asupan sayur dan buah yang mencukupi agar imun meningkat secara alami. Latih anak untuk mau memakan sayur dan buah yang kaya akan serat.

4. Konsumsi Makanan Kaya Akan Serat

Makanan yang kaya akan serat terdapat pada jenis sayuran. Umumnya anak tidak menyukai sayuran, inilah salah satu alasan pencernaan anak terganggu dan menurunkan sistem imun. Orang tua bisa membuat sayuran menjadi masakan yang lezat dan diproses dengan benar agar dapat berfungsi baik pada tubuh. Serat membantu memperlancar pencernaan pada usus.

Itulah beberapa cara menjaga pencernaan anak untuk meningkatkan sistem imunnya. Cara lainnya dapat dilakukan dengan rutin konsumsi susu yang baik untuk membunuh racun yang berada di pencernaan pada anak. Anak juga dapat menjaga kebersihan saluran pencernaan mulai dari mulut hingga tempat pembuangan akhir dalam sistem pencernaannya.