Jenis Minuman yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi
Kesehatan

4 Jenis Minuman yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, mulai dari sekarang cobalah membatasi diri mengonsumsi makanan dan minuman tertentu yang paling cepat memicu kolesterol dalam tubuh. Terutama, jika sebelumnya Anda tercatat punya riwayat penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Demi kesehatan, rutinlah konsumsi makanan dan minuman untuk menurunkan kolesterol.

Penyebab kolesterol tinggi sebenarnya bukan hanya dari apa yang dikonsumsi tubuh, tapi juga soal gaya hidup. Kurangnya aktivitas fisik dan malas bergerak sangat berpengaruh terhadap peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kebiasaan merokok pun berisiko memicu penumpukan lemak dan menurunkan kadar kolesterol baik.

Jenis Minuman Penyebab Kolesterol Tinggi

Untuk itulah, Anda harus benar-benar menerapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang serta perbanyak konsumsi makanan dan minuman untuk menurunkan kolesterol. Tak hanya itu, hindari juga makanan dan minuman penyebab kolesterol tinggi, di antaranya:

  • Es Krim

Makanan penyebab kolesterol yang perlu diwaspadai pertama adalah es krim. Jika selama ini Anda cukup sering minum es krim, apalagi saat cuaca siang hari sedang terik-teriknya, maka mulai sekarang dikurangi, ya.

Pasalnya, dalam ½ cup es krim manis memiliki sekitar 33 persen kebutuhan kolesterol harian tubuh. Bahkan, disebutkan bahwa kadar kolesterol di dalam satu cup es krim lebih banyak dibandingkan satu buah burger dan donat manis.

Di sisi lain, kebanyakan es krim mengandung tambahan gula buatan, lemak, dan kalori tidak sehat. Sehingga sering makan es krim justru akan memberi dampak negatif bagi kesehatan.

Kemudian, berat badan dari waktu ke waktu akan bertambah dan berisiko menyebabkan obesitas, diabetes, penyakit jantung, penurunan fungsi kognitif otak, hingga kanker. Akan jauh lebih baik bila Anda mengganti es krim dengan semangkuk sup buah segar kaya serat dan rendah kalori.

  • Alkohol

Perlu diketahui, tidak semua minuman alkohol aman dikonsumsi. Faktanya, ada jenis alkohol yang memicu kadar kolesterol tinggi dalam darah seperti bir atau minuman beralkohol dari fermentasi gandum.

Bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, kandungan karbohidrat di dalamnya akan diubah menjadi kolesterol LDL (low-density lipoprotein) dan trigliserida. Otomatis, kolesterol HDL pun akan berkurang.

Kemudian, alkohol campuran (misalnya vodka dicampur minuman bersoda tinggi gula dan sirup) berdampak buruk pada peningkatan kadar kolesterol secara signifikan.

  • Minuman Bersoda

Menurut Cholesterol Guardian, apa yang dikonsumsi seseorang akan memengaruhi kadar kolesterol di dalam tubuhnya. Berkaitan dengan hal ini, minuman bersoda termasuk salah satu penyebab kolesterol tinggi yang masih sering dianggap sepele bahkan diabaikan.

Minuman bersoda pada dasarnya mengandung kafein, pemanis buatan, dan gula sangat tinggi. Jadi, apabila Anda konsumsi terlalu sering dengan jumlah banyak pastilah meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kolesterol jahat berisiko menyebabkan penyakit kardiovaskular, termasuk jantung.

Kalori atau lemak jenuh di dalam minuman bersoda juga berkontribusi meningkatkan berat badan. Biasanya, tubuh gemuk cenderung memiliki kadar kolesterol berlebihan yang tentu saja berbahaya pada kesehatan, salah satunya memicu diabetes tipe 2.

  • Kopi

Terakhir, hindari minum kopi secara berlebihan. Pasalnya, jenis minuman ini memicu kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Alhasil, darah pun menjadi lebih pekat, penyempitan pembuluh darah yang berisiko pada serangan jantung hingga stroke juga sulit terhindari.

Apabila Anda ingin minum kopi, boleh-boleh saja. Akan tetapi, disarankan agar tidak lebih dari enam cangkir per hari, ya.

Nah, itulah beberapa jenis minuman yang paling cepat memicu kolesterol. Setelah tahu apa saja dampak buruk yang ditimbulkan, perlahan ubah pola hidup sehat, lalu mulailah konsumsi makanan dan minuman untuk menurunkan kolesterol tinggi. Di antaranya, jus buah-buahan (apel, jeruk, alpukat), teh hijau, kunyit asam, air mentimun, dan teh serai.