Bukan Hanya untuk Mengembalikan Performa Mobil, Ini Dia Manfaat Lain Tune Up Mobil
Other

Bukan Hanya untuk Mengembalikan Performa Mobil, Ini Dia Manfaat Lain Tune Up Mobil

Mobil itu ibarat tubuh manusia yang harus dirawat secara maksimal. Perawatan yang harus dilakukan pada tubuh dan mobil tentu berbeda. Jika tubuh manusia dirawat dengan cara hidup sehat, maka mobil harus dirawat secara rutin ke bengkel. Dirawatnya pun bukan hanya dengan diservis saja, tetapi perlu dilakukan tune up secara rutin.

Perawatan mobil tentunya harus dilakukan di bengkel terpercaya dan montir berpengalaman yang tahu seluk-beluk komponen mobil, jadi pelanggan tidak perlu khawatir dibohongi. Nah, jika kalian bingung tempat servis dan tune up mobil yang tepat, tenang Otomall.id punya solusinya. Apa si Otomall.id, dan kenapa harus menggunakan Otomall.id?

Otomall.id adalah platform booking servis rutin mobil di bengkel yang sudah menjadi mitra Otomall.id, yang tentunya sudah sangat terpercaya. Kalian harus melakukan booking di Otomall.id dan melakukan servis dan paling penting tune up di bengkel pilihan karena harga lebih murah, dan bergaransi. Selain itu , kalian bisa melakukan konsultasi sebelumnya.

Dengan melakukan konsultasi, kalian jadi tahu apa yang harus dilakukan. Apakah harus servis mobil seperti pada umumnya atau tune up mobil. Hal ini karena servis dan tune up itu berbeda ya. Jika servis dilakukan untuk mengecek keadaan sebuah mobil, seperti pengecekan oli mobil, aki mobil, dan lainnya, dengan waktu singkat.

Namun, tune up adalah perawatan khusus mesin, dan semua komponen dicek, dan bisa jadi ada perombakan komponen. Tujuannya agar performa mobil tetap sesuai dengan standarnya, sehingga, mobil terasa seperti baru. Hal ini karena tune up bisa menyelesaikan masalah mobil sekitar 90%. Sehingga bisa saja memerlukan waktu yang cukup lama.

Selain untuk mengembalikan performa mobil, melakukan tune up secara rutin juga mempunyai manfaat yang lainnya. Berikut ini manfaat lain dari tune up mobil.

3 Manfaat Lain dari Tune Up Mobil

1. Mobil Terhindar dari Kerusakan

Jika kalian merasa bahwa servis yang dilakukan supaya mobil terhindar dari kerusakan, karena servis untuk mengecek kondisi mobil, maka pendapat kalian tidaklah salah. Namun, servis mobil saja belum cukup. Kalian haruslah mengecek dan merawat komponen-komponen penting mobil. Satu- satunya cara mengecek dan merawat komponen-komponen dengan melakukan tune up.

Dengan melakukan tune up mobil, kalian tahu apakah ada kerusakan pada komponen tersebut atau tidak. Nah, jika ada kerusakan apakah kerusakan itu ringan atau berat, sehingga sangat menentukan tindakan apa yang harus dilakukan. Jika ringan maka masih bisa diperbaiki dengan cepat dan pengeluaran pun tidaklah besar.

Dengan tidak adanya kerusakan pada mobil, kalian jadi lebih merasa aman dan nyaman saat berkendara. Selain itu, kalian juga akan terhindar dari kecelakaan yang tentunya merugikan diri kalian sendiri dan orang lain.

2. Mesin Mobil Terjaga dengan Baik

Mesin mobil merupakan salah satu komponen pada sebuah mobil. Dan mesin mobil sangatlah berperan penting untuk mobil. Bayangkan, jika mesin pada sebuah mobil mati, maka mobil tidak bisa digunakan, dan kalian harus memperbaikinya. Perbaikan mesin mobil bukanlah perbaikan yang ringan dan butuh biaya yang besar.

Untuk menghindari mesin mati dan perbaikan mesin, maka perlu tindakan tune up mobil. Dengan tune up mobil, kita bisa menjaga kestabilan mesin mobil sesuai standar mesin yang seharusnya. Hal ini karena pada saat tune up mobil, maka seluruh komponen mesin akan dicek, dan dirawat dengan baik.

3. Saringan Udara Berfungsi dengan Baik

Selain komponen mesin, saringan udara atau filter udara juga harus dirawat dengan baik. Perawatan filter udara tidak bisa dilakukan dengan servis biasa saja. Hal ini karena saringan udara sangat berhubungan dengan mesin. Di mana saringan udara berfungsi sebagai penyaring partikel kotor yang akan masuk ke dalam mesin.

Jika saringan udara tidak bisa berfungsi dengan baik, maka akan berdampak buruk pada mesin. Mesin mobil akan mengalami penurunan performa karena suhu udaranya tidak stabil. Nah, kalian tahu bukan, jika mesin mobil mengalami penurunan? Tentu akan mengakibatkan kerusakan pada mobil yang bisa berbahaya buat pengendara dan orang sekitar.

Dengan informasi di atas, sudah pernahkah kalian melakukan tune up? Jika sudah, seberapa rutinkah kalian melakukan tune up? Apakah 1 tahun atau 6 bulan? Disarankan tune up dilakukan 6 bulan sekali ya, agar performa mobil tetap terjaga dengan baik.