Inilah Sumber Makanan Sehat Untuk Anak yang Perlu Diketahui
Parenting

Inilah Sumber Makanan Sehat Untuk Anak yang Perlu Diketahui

Tumbuh kembang si kecil akan semakin baik jika setiap hari Anda memberikan makanan yang kaya gizi dan nutrisi. Selain itu, menu makanan sehat untuk anak juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan menurunkan risiko penyakit kronis yang menyerang anak ketika dewasa.

Menu makanan yang diberikan tidak boleh sembarangan, harus ada gizi dan nutrisi tinggi yang terkandung di dalamnya. Berikut merupakan sumber makanan sehat yang bisa disajikan di menu harian si kecil.

1. Sumber Karbohidrat

Selain dibutuhkan dalam berbagai proses metabolisme, manfaat karbohidrat juga dibutuhkan otak sebagai sumber energi. Hal ini karena gula darah atau glukosa yang menjadi penghasil energi terbentuk dari karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh kita.

Sebagai sumber makanan sehat, karbohidrat terbagi menjadi karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Jika ingin mendapatkan karbohidrat sederhana maka bisa mendapatkannya dari madu, gula putih, gula merah, soda, kue dan permen. Sedangkan karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari makanan pasta, gandum, kentang, nasi roti, kacang-kacangan dan berbagai jenis buah dan sayuran.

2. Sumber Serat

Ibu tidak boleh melupakan serat dalam menu makanan bergizi si kecil. Pasalnya, sistem pencernaan anak butuh manfaat serat yang dapat mencegah berbagai penyakit seperti gula darah, jantung dan obesitas. Serat juga terbagi kedalam dua jenis yaitu serat tidak larut air dan larut air. Sumber serat dapat ditemukan pada bahan makanan seperti buah, sayur, roti gandum utuh, sereal gandum, kacang-kacangan, dan pasta dengan campuran gandum.

3. Sumber Protein

Mengganti jaringan tubuh yang rusak merupakan fungsi lain dari protein sebagai zat utama pembangun tubuh. Menu makanan sehat anak harus mengandung protein tinggi yang baik untuk proses tumbuh kembangnya. Sumber protein sebagai gizi yang dibutuhkan anak juga bisa didapat dari protein nabati dan protein hewani. Beberapa makanan yang mengandung protein nabati mencakup gandum, oncom, oat, tempe, tahu, biji-bijian dan kacang-kacangan. Sedangkan untuk protein hewani bisa didapat dari daging ayam, yoghurt, telur, susu, ikan, daging merah. dan produk olahan susu.

4. Sumber Lemak

Molekul penting yang memiliki peran dalam tumbuh kembang anak selanjutnya adalah lemak. Jadi, jika membuat menu makanan sehat, ibu perlu memperhatikan sumber lemak yang ada pada makanan. Lemak yang baik untuk perkembangan otak dan organ tubuh bisa didapat dari biji-bijian, minyak canola, minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, telur dan ikan.

5. Sumber Vitamin dan Mineral

Pemberian gizi yang tidak kalah penting untuk tubuh anak adalah zat gizi mikro yang bersumber dari vitamin dan mineral. Pemberian zat gizi tersebut dapat mendukung perkembangan organ, mendukung fungsi otak, otot, hingga saraf pusat. Ibu dapat memberikan menu makanan yang mengandung vitamin dan mineral dari tempe, tahu, makanan hewani, buah-buahan, sayur dan kacang-kacangan.

Lengkapi Gizi Dan Nutrisi Si Kecil dengan Menu Pendamping

Selain memberikan makanan sehat utama, ibu juga perlu memberikan menu pendamping yang juga dapat mendukung tumbuh kembang anak. Misalnya beberapa produk susu dan sereal dari Sahabat Nestle yang cocok diberikan saat anak tidak nafsu makan. Dengan demikian kebutuhan nutrisi dan gizi tetap terpenuhi walau sumber makanan sehat untuk anak tidak langsung dari buah, sayuran, hewani dan nabati.

DESKRIPSI: Makanan sehat untuk anak yang baik untuk tumbuh kembangnya harus berasal dari sumber-sumber makanan berikut.