Perbedaan Kopi Hijau dan Kopi Hitam
Others

Perbedaan Kopi Hijau dan Kopi Hitam

Kopi hijau atau green coffee memang sedang populer akhir-akhir ini di kalangan penikmat kopi. Yang membedakan kopi hijau dengan kopi biasa yaitu karena proses pengolahannya yang berdampak pada kandungan dan aroma kopi hijau.

Secangkir Kopi Hijau Berasal dari Pohon Kopi Biasa

Biji kopi arabika dan biji kopi robusta mungkin sudah populer di kalangan para penikmat kopi. Kopi hijau bukanglah jenis kopi yang berbeda karena pada dasarnya kopi hijau ternyata berasal dari tanaman kopi robusta, arabika, dan jenis kopi lainnya. Perbedaan yang dimiliki oleh kopi hijau dengan kopi hitam yaitu proses pengolahannya.

Kopi hijau juga melewati rangkaian proses pengolahan yang sama mulai dari pemetikan buah, pemisahan biji kopi dan buah, serta berbagai proses lainnya yang sama seperti kopi hitam. Hanya saja salah satu hal yang membedakan yaitu setelah melewati rangkain proses tersebut, biji kopi tidak di roasting dan melewati proses pemanggangan namun langsung dikeringkan dan siap untuk dijual.

Pengaruh Proses Pemanggangan Kopi Hijau

Tujuan proses pemanggangan biji yaitu yaitu untuk mengembangkan cita rasa kopi. Saat proses pemanggangan, terdapat hingga ratusan senyawa yang akn diproses yang membuat aroma dan rasa kopi menjadi seperti yang saat ini anda nikmati. Jadi intinya, rasa kopi juga akan berubah apabila terjadi perbedaan saat proses roasting baik itu pada cara, durasi, dan suhu.

Perbedaan sedikit saja dapat membuat rasa kopi berbeda. Apalagi kalau kopi hijau yang tidak melewati proses pemanggangan tentu rasa dan aroma kopi akan berbeda. Karena tidak dipanggang, aroma dan rasa kopi hijau lebih ringan dibandingkan kopi biasa.

Alasan Kopi Hijau Tidak Dipanggang

Mungkin banyak yang bertanya alasan mengapa kopi hijau tidak dipanggang seperti kopi biasa pada umumnya. Tanpa dipanggang, kopi ini menghasilkan aroma dan rasa alami bahkan banyak yang percaya kopi hijau dapat memberikan manfaat pada tubuh.

Biasanya kandungan alami di dalam kopi akan hilang setelah melewati proses pemanggangan salah satunya yaitu asam klorogenat. Meskipun dipercaya dapat memberikan manfaat bagi tubuh, kopi hijau tetap harus dikonsumsi sewajarnya dan tidak berlebihan agar tidak berdampak buruk pada tubuh.

Inilah penjelasan tentang kopi hijau yang perlu anda ketahui. Jadi pada dasarnya perbedaan antar kopi hijau dan kopi hitam yaitu proses pengolahannya terutama pada proses roasting. Kopi hijau yang tidak melewati proses roasting memiliki kandungan asam klorogenat dan rasa serta aroma yang lebih natural.

Untuk mencoba rasa kopi hijau, anda bisa merasakan sensasinya pada setiap takaran Nescafe Green Blend yang menawarkan perpadun bahan-bahan bubuk kopi, ekstrak kopi hijau, krimer, dan gula. Untuk proses penyajiannya juga dapat disajikan panas maupun dingin sesuai selera.